Renungan Harian Minggu Prapaskah IV-A

Senin, 4 April 2011:

Yes 65:17-21, Yoh 4:43-54

Dan setelah dua hari itu Yesus berangkat dari sana ke Galilea, sebab Yesus sendiri telah bersaksi, bahwa seorang nabi tidak dihormati di negerinya sendiri. Maka setelah ia tiba di Galilea, orang-orang Galileapun menyambut Dia, karena mereka telah melihat segala sesuatu yang dikerjakan-Nya di Yerusalem pada pesta itu, sebab mereka sendiripun turut ke pesta itu. Maka Yesus kembali lagi ke Kana di Galilea, di mana Ia membuat air menjadi anggur. Dan di Kapernaum ada seorang pegawai istana, anaknya sedang sakit. Ketika ia mendengar, bahwa Yesus telah datang dari Yudea ke Galilea, pergilah ia kepada-Nya lalu meminta, supaya Ia datang dan menyembuhkan anaknya, sebab anaknya itu hampir mati.

BERSERAH TANPA DALIH

Orang-orang dari kampung halaman Yesus pastilah dalam kebingungan. Mereka tak bisa lupa bahwa Yesus adalah seorang pemuda dari antara mereka, tetapi kuasanya membuat mereka tak menyepelekan. Jiwa mereka bagai berebut untuk percaya atau meninggalkan. Berbahagialah pegawai istana yang dengan hati berserah datang pada Yesus mempercayakan kesembuhan anaknya. Masih adakah dalih yang membentengi Anda untuk dekat dengan Yesus saat ini?

 

Selasa, 5 April 2011

Ez 47:1-9, 12, Yoh 5:1-16

Sesudah itu ada hari raya orang Yahudi, dan Yesus berangkat ke Yerusalem. Di Yerusalem dekat Pintu Gerbang Domba ada sebuah kolam, yang dalam bahasa Ibrani disebut Betesda; ada lima serambinya dan di serambi-serambi itu berbaring sejumlah besar orang sakit: orang-orang buta, orang-orang timpang dan orang-orang lumpuh, yang menantikan goncangan air kolam itu. Sebab sewaktu-waktu turun malaikat Tuhan ke kolam itu dan menggoncangkan air itu; barangsiapa yang terdahulu masuk ke dalamnya sesudah goncangan air itu, menjadi sembuh, apapun juga penyakitnya. Di situ ada seorang yang sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit. Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya: “Maukah engkau sembuh?”

DITAWARI AIR PEMULIHAN

Orang lumpuh itu telah bertahun-tahun menunggu goncangan air kolam yang konon bisa menyembuhkannya. Tindakan Yesus pastilah dirasakan lebih dari sekedar goncangan air kolam. Barangkali seperti kebanjiran air kasih yang memulihkannya dari kelumpuhan. Dosa telah melumpuhkan kemanpuan kita menangkap rahmat. Masa Prapaskah adalah masa persiapan hari “Tuhan lewat” yang menawarkan air pemulihan. Bagaimana anda memanfaatkannya?

 

Rabu, 6 April 2011

Yes 49:8-15, Yoh 5:17-30

Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga.” Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah. Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.

MELIHAT BAPA BEKERJA

Memang tak mudah menerangkan identitas Yesus yang adalah manusia ilahi dan sekaligus Allah yang memanusia. Bahkan ketika ia memanfaatkan alegori umum tentang anak yang belajar dari bapanya pun orang masih sulit mengerti, bahkan orang-orang yang memang sudah membencinya itu semakin kalap menuduh Yesus menghujat Allah. Mampukah kita melihat setiap sapaan manusiawi Yesus, perhatian dan kasih sayangnya sebagai firman yang hidup akan Bapa ilahi?

 

Kamis, 7 April 2011

Kel 32:7-14, Yoh 5:31-47

Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku itu tidak benar; ada yang lain yang bersaksi tentang Aku dan Aku tahu, bahwa kesaksian yang diberikan-Nya tentang Aku adalah benar. Kamu telah mengirim utusan kepada Yohanes dan ia telah bersaksi tentang kebenaran; tetapi Aku tidak memerlukan kesaksian dari manusia, namun Aku mengatakan hal ini, supaya kamu diselamatkan. Ia adalah pelita yang menyala dan yang bercahaya dan kamu hanya mau menikmati seketika saja cahayanya itu.

KATA ORANG LAIN

Kata orang lain bisa berarti rumor, bisa berarti kesaksian. Kesaksian manusia tentang Yesus dihargainya sebagai pewartaan kebenaran.  Kita bisa menjadikan diri kita “orang lain” yang mewartakan Yesus. Bagaimana kita memberikan kesaksian tentang Yesus sebagai kebenaran?

 

Jumat, 8 April 2011

Keb 2:1a, 12-22, Yoh 7:1-2, 10, 25-30

Maka kata Yesus: “Tinggal sedikit waktu saja Aku ada bersama kamu dan sesudah itu Aku akan pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku. Kamu akan mencari Aku, tetapi tidak akan bertemu dengan Aku, sebab kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada.” Orang-orang Yahudi itu berkata seorang kepada yang lain: “Ke manakah Ia akan pergi, sehingga kita tidak dapat bertemu dengan Dia? Adakah maksud-Nya untuk pergi kepada mereka yang tinggal di perantauan, di antara orang Yunani, untuk mengajar orang Yunani? Apakah maksud perkataan yang diucapkan-Nya ini: Kamu akan mencari Aku, tetapi kamu tidak akan bertemu dengan Aku, dan: Kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada?” Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: “Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!

HUBUNGAN PRIBADI

Pesan Yesus dipenuhi kata mesra, menjanjikan perjumpaan kembali. Akan tetapi itu bukan sekedar dimaksudkan untuk bernostalgia. Yesus menyampaikan warta penting bahwa ia akan berada di rumah Bapanya, dan menghendaki setiap orang bersatu dengannya, namun memerlukan waktu untuk paham dan menerimanya. Terima saja perwartaanya, barang siapa merasa haus akan air kehidupan, datang saja dan minum.

 

Sabtu, 9 April 2011

Yer 11:18-20, Yoh 7:40-53

Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkata itu, berkata: “Dia ini benar-benar nabi yang akan datang.” Yang lain berkata: “Ia ini Mesias.” Tetapi yang lain lagi berkata: “Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea! Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal.” Maka timbullah pertentangan di antara orang banyak karena Dia.  Beberapa orang di antara mereka mau menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun yang berani menyentuh-Nya. Maka penjaga-penjaga itu pergi kepada imam-imam kepala dan orang-orang Farisi, yang berkata kepada mereka: “Mengapa kamu tidak membawa-Nya?” Jawab penjaga-penjaga itu: “Belum pernah seorang manusia berkata seperti orang itu!”

TAK TERBANTAHKAN

Kedatangan Yesus memang kontroversial dan menabrak kepentingan beberapa pejabat agama setempat. Karya-karyanya yang penuh kuasa menggeser kepercayaan orang pada pemimpin setempat. Mereka mencari cara menyingkirkannya, tetapi tak menemukan yang pas. Dalam perdebatan itu semakin nampak kehadiran Yesus sebagai mutiara, yang kuasa dan daya pikatnya tak terbantahkan. Hal luar biasa apa yang anda temukan dalam kehidupan Yesus?

6 responses to this post.

  1. Posted by Suwanti on April 4, 2011 at 6:06 AM

    Hallo Mo…., apa kabar? Trima kasih ya kiriman renungannya.

    Reply

  2. Posted by parnocm on April 4, 2011 at 7:22 AM

    kabar baik bu, saya punya cukup waktu untuk mengerjakannya kok.

    Reply

  3. Posted by christine koesmadi on April 4, 2011 at 10:00 PM

    Tuhan,kasihanilah kami KKI Scranton,yang nggak ada gembala di Paskah nanti.

    Reply

  4. Posted by parnocm on April 5, 2011 at 7:35 AM

    saya yakin semangat paskah teman2 Scranton tak berkurang sedikitpun. Semoga ada jalan keluar

    Reply

  5. Posted by meli widjaja on April 7, 2011 at 2:52 AM

    makasih banyak tulisan romo parno ,ibu usul tulisan renungan mingguan juga kirim ke hutan png , supaya orang huta dapat kekuatan baru — hihihi

    Reply

  6. Posted by angela sie on April 10, 2011 at 7:06 PM

    Makasih renungannya Mo, kuharap langgeng menyapa kami setiap minggu ya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: