Renungan Harian Pekan Paskah IV-A

Senin, 16 Mei 2011 : Hari biasa Pekan I V Paskah
Kis. 11:1-18; Mzm. 42:2-3; 43:3,4; Yoh. 10:11-18

Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya; sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu. Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu.
CINTA YANG MEMBELA
Orang yang mencintai akan memiliki rasa memiliki, bukan untuk menguasai, tetapi untuk berkorban bagi yang dikasihinya bila diperlukan. Tuhan kita bukanlah orang upahan, melainkan gembala sejati yang siap berkorban untuk membela kita. Apakah kita menemukan hikmat ini dalam kehidupan?
Selasa, 17 Mei 2011 : Hari biasa Pekan IV Paskah
Kis. 11:19-26; Mzm. 87:1-3,4-5,6-7; Yoh. 10:22-30
Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: “Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami.” Yesus menjawab mereka: “Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku, tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku. Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku.

IKUTLAH DAHULU

Benar kata Yesus, bahwa ada orang yang berusaha melihat namun tak melihatNya. Mereka ingin kepastian baru mau ikut, sebaliknya murid-murid Yesus mengikut dahulu dan mendapatkan kepastian dalam perjalanan. Telah ada banyak tanda, masihkah kita akan sibuk berdebat. Ikuti Tuhan dengan tawakal, dan Tuhan akan menambahkan segalanya.
Rabu, 18 Mei 2011 : Hari biasa Pekan IV Paskah
Kis. 12:24 – 13:5a; Mzm. 67:23,5,6,8; Yoh. 12:44-50

Tetapi Yesus berseru kata-Nya: “Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku; dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku. Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan. Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya. Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.

KEPUTUSAN PRIBADI

Ada yang membabi buta meyakini bahwa Tuhan mengatur semua. Akibatnya Tuhan sering dijadikan kambing hitam bila mengalami kegagalan hidup. Tuhan Yesus telah menunjukkan tanda-tandanya. Kita perlu memutuskan mengikutinya atau meninggalkannya. Saat itulah kita mulai dihakimi, atau lebih tepatnya “menghakimi diri.” Semoga kita mampu memanfaatkan segala tanda Tuhan dan mempercayainya tanpa menunggu paksaan siapapun.
Kamis, 19 Mei 2011 : Hari biasa Pekan IV Paskah
Kis. 13:13-25; Mzm. 89:23,21-22,25,27; Yoh. 13:16-20

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya. Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya. Bukan tentang kamu semua Aku berkata. Aku tahu, siapa yang telah Kupilih. Tetapi haruslah genap nas ini: Orang yang makan roti-Ku, telah mengangkat tumitnya terhadap Aku. Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia.

BERSIAPLAH SAKIT JUGA

Orang membujuk manis bagai iklan kecap untuk memikat murid Kristus. Ada yang menjanjikan melulu sukses dan kelimpahan. Tentu ada benarnya, tetapi melupakan satu pesan Yesus bahwa, kalau Yesus saja menderita, maka muridnya tak lebih dari gurunya, juga akan menderita. Kalau hal itu terjadi, berbahagialah kamu. Demikian pesan Yesus.
Jumat, 20 Mei 2011 : Hari biasa Pekan IV Paskah
Kis. 13:26-33; Mzm. 3:6-7,89,10-11; Yoh. 14:1-6
“Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.”

TUHAN BERANGKAT DULU

Ada tiga anak kecil yang akan berangkat dan tinggal di Amerika. Mereka  berangkat dengan sukacita tanpa takut, karena papa mamanya telah lama menyiapkan tempat, sekolah, tabungan biaya hidup, dan kerinduan untuk menyambut anaknya. Bukan orang lain lagi, Yesus sendirilah yang telah lebih dulu pergi, merindukan kita, dan menyiapkan tempat bagi kita di surga. Adakah kepastian dan kenyamanan tertentu ketika anda membayangkan janji Tuhan?
Sabtu, 21 Mei 2011 : Hari biasa Pekan IV Paskah
Kis. 13:44-52; Mzm. 98:1,23ab,3cd-4; Yoh. 14:7-14

Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.” Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.” Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.

MELIHAT TANDA

Petani tembakau yang baik tak perlu memetik dan mencicipi daun tembakau sekedar untuk tahu apakah sudah siap petik atau belum. Ia cukup mengamati warna daun tersebut. Murid yang baik peka pada tanda-tanda. Adakah waktu yang anda berikan untuk hening melihat tanda-tanda Tuhan berkarya atas hidup anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: