Renungan Harian Pekan Paskah V-A

Senin, 23 Mei 2011 : Hari biasa Pekan V Paskah
Kis. 14:5-18; Mzm. 115:1-2,34,15-16; Yoh. 14:21-26
Yesus: “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus   Aku. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

KATA SAJA TAK CUKUP
Yesus mengatakan firman kasih. Tetapi itu saja tak cukup, ia masih menjanjikan Penghibur, yakni roh yang akan menyingkap rahasia hidup para murid dengan Yesus, yang akan menguatkan para murid dan yang akan meneguhkan harapan mereka. Tuhan tak sekedar menanam, tetapi juga menyirami hari-demi hari.
Selasa, 24 Mei 2011 : Hari biasa Pekan V Paskah
Kis. 14:19-28; Mzm. 145:10-11,12-13ab,21; Yoh. 14:27-31a

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.

DAMAI SEJAHTERA
Salam Yesus, “shalom” adalah sapaan biasa dalam tradisi sehari-hari bangsa Yahudi. Akan tetapi salam Yesus memiliki arti yang jauh lebih dalam, yakni damai yang menjadi pertanda kedatangan kembali Yesus. Ketika mengucapkan salam damai kepada sesama, adakah anda memancarkan Yesus yang hadir kembali lewat anda?

Rabu, 25 Mei 2011 : Hari biasa Pekan V Paskah
Kis. 15:1-6; Mzm. 122:1-2,3-4a,4b-5; Yoh. 15:1-8
“Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.

TINGGALAH DALAM YESUS
Seorang veteran tak bisa menutupi kesedihannya karena kakinya diamputasi akibat cacat perang. Ia sadar bahwa kakinya yang telah menjadi kesatuan bagi dirinya akan terlepas dan mati. Hanya dengan menyatukan diri dengan Yesus kita mendapatkan hidup. Sejauh mana anda berjuang untuk menyatu dengan Yesus, Sang Pokok?
Kamis, 26 Mei 2011 : Pw S. Filipus Neri
Kis. 15:7-21; Mzm. 96:1-2a,2b-3,10; Yoh. 15:9-11; atau dr RUybs
“Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.

MENJADI INDAH KARENA RESPON
Ada pepatah kasih yang tak menuntut balas. Akan tetapi sebenarnya kita tahu, bahwa kasih menjadi lebih sempurna dan berbuah sukacita bila direspon. Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. Masihkah kita bermental penadah, hanya menunggu kasih Allah tanpa berpikir bagaimana menjadi murid yang mengasihiNya?

Jumat, 27 Mei 2011 : Hari biasa Pekan V Paskah
Kis. 15:22-31; Mzm. 57:89,10-12; Yoh. 15:12-17
Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

BEKAL KESUBURAN
Ada banyak contoh orang yang menjadi penakut dan serba minder karena dari kecil dicaci maki sebagai orang bodoh. Tuhan menerima kita sebagai sahabat yang mempercaya kita untuk bertumbuh dan menghasilkan buah. Resapkanlah!
Sabtu, 28 Mei 2011 : Hari biasa Pekan V Paskah
Kis. 16:1-10; Mzm. 100:1-2,3,5; Yoh. 15:18-21

“Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.

JADI ANAK PILIHAN
Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Yesus mengatakan itu bukan untuk mengatakan tentang ketenaran atau spektakuler sang guru, melainkan pada penderitaanNya. Yesus mengatakan kenyataan ini bukanlah untuk menjatuhkan, melainkan untuk mengatakan kenyataan lain bahwa orang-orang yang percaya pada Yesus adalah orang-orang pilihan. Apakah penderitaan yang kita alami membuat kita kecewa dan meninggalkan Tuhan, atau membuat kita lebih percaya sebagai orang pilihan yang disucikan dengan api pencobaan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: