Renungan Harian Pekan XIII: Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus

Senin, 27 Juni 2011 : Hari biasa
Kej. 18:16-33; Mzm. 103:1-2,3-4,8-9,10-11; Mat. 8:18-22

Ketika Yesus melihat orang banyak mengelilingi-Nya, Ia menyuruh bertolak ke seberang. Lalu datanglah seorang ahli Taurat dan berkata kepada-Nya: “Guru, aku akan mengikut Engkau, ke mana saja Engkau pergi.” Yesus berkata kepadanya: “Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya.” Seorang lain, yaitu salah seorang murid-Nya, berkata kepada-Nya: “Tuhan, izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan ayahku.” Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Ikutlah Aku dan biarlah orang-orang mati menguburkan orang-orang mati mereka.”

TERJALNYA JALAN PEMBEBASAN

Yesus berterus terang bahwa jalan pembebasan sungguh identik dengan jalan kemuridan yang sulit. Ia tak ragu mewartakannya, karena hanya dengan itu para murid bisa melihat jalan keselamatannya. Pernahkah anda mencoba mengelabuhi diri dengan melihat jalan Yesus sebagai jalan langsam? Apakah yang anda rasakan?

 
Selasa, 28 Juni 2011 : Pw S. Ireneus
Kej. 19:15-29; Mzm. 26:2-3,9-10, 11-12; Mat. 8:23-27; atau dr RUybs

Lalu Yesus naik ke dalam perahu dan murid-murid-Nyapun mengikuti-Nya. Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, tetapi Yesus tidur. Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: “Tuhan, tolonglah, kita binasa.” Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?” Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. Dan heranlah orang-orang itu, katanya: “Orang apakah Dia ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?”

MENYERAH YANG TIDAK KALAH

Ada dua jenis penyerahan. Pertama penyerahan karena merasa kalah, kedua memilih penyerahan karena tahu di dalam penyerahan Tuhan akan melakukan sesuatu. Kegagalan hidup bisa membimbing pada sikap menyerah kalah, sebaliknya bisa membuat diri kita murni menyerah untuk diisi kekuatan Tuhan. Pernahkan anda mengalami keduanya? Kuasai perahu dengan menyerahkan diri pada Yesus.

 

Rabu, 29 Juni 2011 : HARI RAYA S. PETRUS dan S. PAULUS
Kis. 12:1-11; Mzm. 34:2-3,4-5,6-7,8-9; 2Tim. 4:6-8,17-18; Mat. 16:13-19

Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.”

PENGENALAN PRIBADI

Bagaikan batu kasar yang dipahat menjadi patung berseni tinggi. Tak salah bisa Yesus menamai Simon sebagai Petrus, Si Batu Karang. Karena kasar, polos, dan vulgarnya Petrus bisa dipermak Yesus menjadi  pribadi kualitas tinggi yang mampu menangkap pribadi dan misi Yesus dengan jiwa tulus. Barangkali, kita telah mengenal Yesus dalam kebersamaan komunitas, akan tetapi semua itu hanya kan punya daya besar ketika kita mampu menjadikannya keyakinan pribadi.

Kamis, 30 Juni 2011 : Hari biasa
Kej. 22:1-19; Mzm. 115:1-2,3-4,5-6,8-9; Mat. 9:1-8
Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.” Lalu Yesus meninggalkan mereka dan pergi. Pada waktu murid-murid Yesus menyeberang danau, mereka lupa membawa roti. Yesus berkata kepada mereka: “Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki.” Maka mereka berpikir-pikir dan seorang berkata kepada yang lain: “Itu dikatakan-Nya karena kita tidak membawa roti.”  Dan ketika Yesus mengetahui apa yang mereka perbincangkan, Ia berkata: “Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Hai orang-orang yang kurang percaya!

RAGI “NGEYEL”

Sikap buruk bisa menjamur, mempengaruhi, dan mengubah seperti ragi. Sikap keras hati kaum Farisi dan Saduki yang cenderung “ngeyel” menuntut tanda disebut Yesus sebagai ragi yang perlu diwaspadai. Sayang pendengar Yesus berpikir picik. Diberi tanda dahsyatpun orang demikian akan tetap keras hati. Di mana-mana kita bisa bertemu dengan orang yang bersikeras minta tanda, dan tak beriman dengan pasrah. Bagaimana anda mengantisipasi kalau masuk dalam kalangan teman yang mempengaruhi untuk tidak beriman?

 

Jumat, 1 Juli 2011 : HARI RAYA HATI YESUS YANG MAHAKUDUS
UL 7:6-11; Mzm. 103:1-2,3-4,6-7,8,10; 1Yoh.4:7-16; Mat. 11:25-30

Pada waktu itu berkatalah Yesus: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya. Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.”

DENGARKAN DOA YESUS

Heninglah, dan rasakan setiap kata dalam doa Yesus sebagai doa dan sabda tenang anda. Rasakan betapa Yesus menemani kita di jalan sulit.

“Hati Yesus yang mahakudus, terimakasih atas kepenuhan di dalam Dikau”
Sabtu, 2 Juli 2011 : Pw Hati Tersuci SP Maria
Kej. 27:1-5,15-29; Mzm. 135:12,3-4,5-6; Mat. 9:14-17; atau dr RUybs

Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: “Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?” Jawab Yesus kepada mereka: “Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa. Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabik baju itu, lalu makin besarlah koyaknya. Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itupun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya.”

MENGIMBANGI DENGAN HIDUP BARU

Ada orang yang sibuk mempraktekkan larangan-larangan dalam kitab imamat, dan sudah merasa hebat karena merasa semakin mirip Yesus. Apakah tidak keliru? Kain baru mesti ditambal dengan kain baru, anggur baru ditampung dengan kantong baru, sabda Yesus. Yang dimaksudkan adalah ajaran baru hendaknya ditangkap dengan hati baru dan dihayati dengan cara hidup baru.

3 responses to this post.

  1. Posted by Herry on June 26, 2011 at 10:22 PM

    Thanks Renungannya Romo.

    Aku udah agak lupa Romo Suparno ini yang mana ?

    Apa yang dulu main organ ngiringi misa atau completorium ?

    Salam

    Herry

    Angk. 86

    Reply

  2. Bukan Mas, yang main orgen namanya Yuli, sesama angkatan 85. Aku yang pendiem. Hah….pendiem??, gimana menerangkannya ya.
    Okey sementara lihat foto yang di blog ini dulu, meskipun beda sekali ukuran bajunya dengan 25 tahunan lalu. Semoga berguna.
    parnoign

    Reply

  3. Posted by sinden & tukang tabuh on June 30, 2011 at 6:32 PM

    Makasih ya Mo renungan hariannya,sangat amat bermanfaat bagi kami yg diperantauan.Mo,Penanggalan Liturgi 2012,apa sudah terbit ?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: