Renungan Harian Minggu Bias XXI-A

Senin, 22 Agustus 2011 : Pw SP Maria
1Tes. 1:2b-5,8b-10; Mzm. 149:1-2,34,5-6a.9b; Mat. 23:13-22; atau dr RUybs

Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu mengarungi lautan dan menjelajah daratan, untuk mentobatkan satu orang saja menjadi penganut agamamu dan sesudah ia bertobat, kamu menjadikan dia orang neraka, yang dua kali lebih jahat dari pada kamu sendiri. Celakalah kamu, hai pemimpin-pemimpin buta, yang berkata: Bersumpah demi Bait Suci, sumpah itu tidak sah; tetapi bersumpah demi emas Bait Suci, sumpah itu mengikat.

KETIKA HARUS DI DEPAN

Menjadi pemimpin rohani tak sekedar menunjukkan jalan, tetapi berani menapaki jalan itu seperti apapun adanya. Ketika harus berjalan di depan (ing ngarsa) ia akan punya tanggung jawab menjadi teladan (sung tulada). Seberapa panggilan rohani menantang Anda untuk benar-benar menapaki jalan rohani.

 

 
Selasa, 23 Agustus 2011 : Hari biasa
1 Tes.2:1-8; Mzm. 139:1-3,4-6; Mat. 23:23-26

Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

MEMBUKA TOPENG KESALEHAN

Menjelang Idul Fitri atau Natal orang berbondong-bondong membawa persembahan ke tempat ibadah atau panti asuhan sebagai silih atas dosa pelanggaran sehari-hari. Yesus tetap melihat kecenderungan hidup seperti itu berbahaya, bisa menggiring kepalsuan dengan menutupi panggilan mulia kita untuk membawa keadilan sehari-hari, belas kasihan dan kesetiaan. Topeng kesalehan apa yang harus kutanggalkan?

 

 

Rabu, 24 Agustus 2011 : Pesta S. Bartolomeus
Why. 21:9b-14; Mzm. 145:10-11,12-13ab,17-18; Yoh. 1:45-51

Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.” Kata Natanael kepadanya: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?”  Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!”  Kata Natanael kepada-Nya: “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.”

ORANG DI SEPUTAR BARTOLOMEUS

Bartolomeus atau Natanael seperti orang yang salah tingkah karena sudah “diincar” Tuhan, untuk dipanggil menjadi alatnya. Dikatakan, sebelum Filipus memanggilnya, Tuhan telah melihatnya. Demikian hidup panggilan manusia, Tuhan memanggil manusia lewat orang di sekitarnya. Apakah anda menyadari kehadiran orang-orang sekitar sebagai utusan Tuhan untuk membentuk dan memanggil kita?

 

Kamis, 25 Agustus 2011 : Hari biasa
1Tes. 3:7-13; Mzm. 90:3-4,12-13,14,17; Mat. 24:42-51

Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.” “Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya? Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya.

SETIA DI JALAN

Terhadap orang-orang yang setia, Tuhan semakin mempercaya lebih. Orang menjadi sejati, genuine, bukan karena dikomentari orang saja, tetapi terlebih karena jujur terhadap dirinya sendiri dan setia pada panggilannya. Seberapa kita setia di jalan Tuhan?

 
Jumat, 26 Agustus 2011 : Hari biasa
1Tes. 4:1-8; Mzm. 97:1,2b,5-6,10,11-12; Mat. 25:1-13

Waktu tengah malam terdengarlah suara orang berseru: Mempelai datang! Songsonglah dia. Gadis-gadis itupun bangun semuanya lalu membereskan pelita mereka. Gadis-gadis yang bodoh berkata kepada gadis-gadis yang bijaksana: Berikanlah kami sedikit dari minyakmu itu, sebab pelita kami hampir padam.  Tetapi jawab gadis-gadis yang bijaksana itu: Tidak, nanti tidak cukup untuk kami dan untuk kamu. Lebih baik kamu pergi kepada penjual minyak dan beli di situ.

BIJAKSANA BERARTI BERANTISIPASI

Rumus manusiawi kita adalah juga rumus iman kita, menjadi bijaksana berarti mampu berpikir panjang, menghargai pengalaman, menghidupi hari ini dengan penuh syukur, dan mengantisipasi apa yang akan terjadi. Apakah kita bersiap untuk Tuhan, kapanpun Tuhan datang masuk menguasai kita?

 
Sabtu, 27 Agustus 2011 : Pw S.Monika
1Tes.4:9-11; Mzm. 98:1,7-8,9;Luk.7:1-17; atau dr RUybs

Lalu Yesus pergi bersama-sama dengan mereka. Ketika Ia tidak jauh lagi dari rumah perwira itu, perwira itu menyuruh sahabat-sahabatnya untuk mengatakan kepada-Nya: “Tuan, janganlah bersusah-susah, sebab aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku; sebab itu aku juga menganggap diriku tidak layak untuk datang kepada-Mu. Tetapi katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh. Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya.” Setelah Yesus mendengar perkataan itu, Ia heran akan dia, dan sambil berpaling kepada orang banyak yang mengikuti Dia, Ia berkata: “Aku berkata kepadamu, iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai, sekalipun di antara orang Israel!”

BUKAN KARENA SUPERIORITAS

Barangkali ada yang menyangka Tuhan Yesus menyembuhkan karena mengakuiNya sebagai yang lebih tinggi. Kalau benar, itupun bukan karena persoalan superioritas, tetapi soal keterbukaan untuk menerima rahmat. Selama ini apa rumus anda untuk terbuka pada rahmat Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: